Senin, 24 September 2012

Perkembangan Emosi dan Kecerdasan Sosial Anak tahun ke 5

  • Pada tahun ke 5 ini perkembangan bertumpu pada perasaan dalamnya.
  • Perkembangan otak terjadi pada limbik kanan bagian dalam.
  • Anak mulai memiliki rasa tanggung jawab, belajar dewasa, meningkatkan kefahaman dalam komunikasi dan kepandaian merangkai kata kata dalam komunikasi. 
  • Pada umur ini anak sudah mulai berani mengungkapkan isi hatinya. Kepekaan perasaan mulai tinggi. 
  • Belaian dan perhatian adalah keperluan utama sehari hari yang mereka harapkan. Anak ingin disanjung dipuji dan dilibatkan. 
  • Pergaulan dengan sebayanya ditandai dengan keinginan untuk memimpin. Intensitas pergaulannya semakin sering. 
  • Sudah sangat mengerti artinya kehilangan, ditinggalkan dan dikucilkan. Sudah tahu rasanya sakit hati. Sudah pandai berbicara suka dan tidak suka pada teman sebayanya.
  •  Bahkan sifat sifat bossy sudah mulai muncul karena ingin diakui sebagai orang yang baik dan layak dipuji.

Senin, 17 September 2012

Perkembangan Kreativitas dan Otak Anak tahun ke 6

  • Pada tahun ke 6 ini mulai  bertumbuh kembanganya kreativitas.
  • Anak sudah mampu menjadi detektif cilik, untuk menyambungkan informasi yang terputus. Sudah mampu mencari dalang dari keusilan teman sebayanya. 
  • Anak mulai mengungkapkan keinginan dan cita citanya. Pikirannya sudah mulai bisa meneropong ke masa depan.
  •  Otak kanan bagian luarnya berkembang cepat pada tahun ini. 
  • Gaya atraktifnya dalam berkomunikasi sudah mulai kelihatan, seperti memainkan bahasa tubuh.
  •  Meskipun masih terkesan sebagai anak mami, tetapi kepercayaan dirinya sudah mulai tumbuh. 
  • Perasaan minder berkurang terutama jika kreativitasnya berkembang.Cara melukisnya sudah mulai muncul unsur seni, tidak lagi sekedar mewarnai dan membentuk, sudah ada improvisasinya. 
  • Anak sudah berani dan yakin dalam mengemukakan pendapatnya. Perasaan ingin bebas dan memiliki privasi sadah tampak pada umur ini.

Senin, 10 September 2012

Perkembangan Daya cipta dan otak Anak Tahun ke 7

  • Pada tahun ke 7 ini merupakan tahun mencari identitas awal.Anak sudah mulai bangga dengan namanya.Kesehariannya seperti mencoba mencari kesempurnaan.
  •  Sudah mulai mahir dalam memasarkan idenya. Kemampuan pantang mundur sudah mulai ada.
  •  Keinginan mendominasi teman temannya muncul bersamaan dengan perannya yang ingin seperti pahlawan. Walaupun begitu anak sudah bisa menerima alternatif yang lain. 
  • Justru keyakinannya yang tinggi membuat mereka berani menerima tantangan dan persaingan. Tantangan baginya adalah makanan untuk membesarkan otak kanan bagian dalamnya.
Interaksi dengan teman teman sebayanya ditandai dengan kemitraan.Ada solidaritas kelompok. Berani menetapkan misi tertentu bersama teman temannya.Tingkat keusilannya mulai tinggi,keusilannya dianggap sebagai penyaluran kreativitasnya. Keleluasaan dan kebebasan ingin didapatkan dari lingkungannya untuk mulai menyalurkan ekspresi dirinya.

Sabtu, 08 September 2012

Perkembangan Kecerdasan dan Otak Anak Tahun ke 8

  • Pada tahun ke 8 ini otak kiri bagian luarnya berkembang dengan sangat pesat. 
  • Pelajaran matematika sudah boleh dijejali pada anak. 
  • Perhatian pada sekitarnya sudah mulai meluas. 
  • Anak sudah menunjukkan keinginan berkuasa dan mengendalikan keadaan.
  • Anak sudah pandai menetapkan prioritas,sudah mahir membuat langkah langkah sistematis , dan sudah muncul kemampuan mengorganisasikan dirinya dan teman temannya. 
  • Jika Anak bermain sepak bola sudah pandai mengatur strategi. Bahkan jika menonton bola bersama bapaknya di tv sudah bisa menganalisa permainan dengan skala sederhana.
  • Pelajaran komputer sudah sangat berguna bagi anak. 
  • Pertanyaan pertanyaan yang diajukan kepada orang tua dan gurunya sudah sangat kritis. 
  • Anak sudah memiliki kemandirian untuk mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan keperluan dirinya.

Kamis, 06 September 2012

Perkembangan Spiritual dan Otak Anak Tahun ke 9

  • Pada tahun ke 9 merupakan fase akhir dari siklus pertama perkembangan anak.
  • Pada umur 9 tahun ini perkembangan kecerdasan berada di otak tengah dan otak bawah. Ditandai dengan kefahamannya tentang ketuhanan, ibadah dan pengorbanan, seolah olah melengkapi apa yang belum cukup pada 8 tahun sebelumnya.
  •  Kejujuran seolah menjadi tuntutan dirinya untuk membuatnya lebih dewasa dan bertanggung jawab. 
  • Anak sudah memiliki kepekaan untuk menolong orang yang susah. Membantu ibunya di dapur atau bahkan sudah sanggup bekerja membantu ayahnya menjalankan tugas tugas sederhana. 
  • Reaksi marah sudah berani anak tunjukkan secara terang terangan.Anak seolah olah ingin mengatakan bahwa dirinya adalah anak kecil yang sudah sempurna, segala sesuatunya sudah lengkap dan siap melakukan ketrampilan jenis apapun